Minggu, Maret 22, 2009

Grand Final Idola Cilik 2!

Gak kerasa Idola Cilik 2 udah Grand Final aja Sabtu kemaren. Yang udah nonton, gimana? Kalo menurut gw sih, cukup memuaskan. Tapi agak kurang greget dikit. Kurang mewah gitu. Kan kalo Grand Final harus yang spektakuler.

Untungnya ada jagoan gw, Patton! Man, HE WAS AMAZING!!! Duetnya bareng Tompi nendang abis! (Lah, ini nonton Idola Cilik apa nonton bola? Hahaha...) Itu bakal gw bahas nanti. Sekalian gw kasih videonya buat yang gak sempet nonton.

Grand Final dibuka oleh anak2 Idola Cilik 2 (selain Patton & Debo) yang nyanyi beberapa lagu anak2 ditutup dengan "Laskar Pelangi" (seinget gw... maap kalo salah... hehe...). Terus muncul lah sesosok makhluk hijau dengan sepotong semangka di kepalanya.

Nggak... gw gak bercanda. OK mungkin jahat bgt kalo Kak Okky gw bilang "makhluk hijau". Hehe... Tapi beneran, Okky Lukman tema wardrobe-nya kemaren "Gadis Semangka"... or something like that. Dia pake baju ijo plus ornamen semangka di kepalanya. Hahaha....

Anyway, gw cuman bakal ngebahas highlight-nya aja ya di sini. Dan sebagian besar bagian Patton nyanyi. Abis pendukungnya sih... gpp kan? Hehe... Performance pertama yg menurut gw bagus adalah duet Patton & Debo nyanyi "Tanah Airku", diiringi sama piano yg dimainin Ify dari Idola Cilik 1. Mereka nyanyinya harmonis bgt. And Patton was really great, as always. Ini videonya :



Berikutnya masing2 grand finalis nyanyi solo. Pertama, Patton nyanyi lagunya Kerispatih, "Demi Cinta". Lagu ini pernah dinyanyiin Patton sebelumnya, dan menjadi salah satu performance terbaiknya di Idola Cilik. Kali ini, dia bahkan lebih bagus lagi!! Ahhh... Patton, falsetto mu lagi2 bikin merinding....





Dengan performance itu aja harusnya Patton yang jadi juara. Tapi eits, tunggu dulu. Masih ada lagi perfromance Patton yang lebih dahsyat! Sebelum sampe ke situ, giliran Debo nyanyi lagunya Slank "Ku Tak Bisa", yang menurut gw bagus, karena lagunya cocok sama vokalnya Debo, dan penghayatannya oke banget.

Tapi ternyata acara ini emang gak jauh2 dari yang namanya nangis2an. Karena setelah Debo nyanyi, ternyata ibunya, yang lagi jadi TKW di Dubai, dateng jauh2 untuk menemui anaknya. Mereka pun ketemuan di atas panggung, dan berubahlah acara Idola Cilik menjadi "Tali Kasih"....

Jangan salah, gw ikutan seneng dan terharu waktu Debo yang udah berpisah bertahun2 sama ibunya akhirnya ketemuan lagi. Tapi mbok ya jangan dieksploitasi di depan banyak orang gitu. Kasian kan Debo-nya. Di backstage aja bisa kan? Tapi kalo gitu ratingnya gak bisa naik ya.... Humph... dasar RCTI... matre matre MATREEEE!!! *Jedotin kepala ke tembok*

Back to perfromance, berikutnya Patton nyanyi lagunya Dewa yg "Laskar Cinta". Di sini panggung dan koreografinya bernuansa timur tengah gitu. Kostum dan gayanya Patton itu loh. Lucuuuu bgt... Tapi yg paling hebat apalagi kalo bukan suaranya. Powerful!! Dan gak ada nada yg fals! Gw sampe standing ovation pas dia selesai nyanyi. Liat aja videonya :



Performance Patton selanjutnya, dia nyanyi lagunya Padi, "Begitu Indah". Bagus bgt seperti biasa, tapi gw ngerasa Patton masih bisa ngasih lebih ke lagu ini. Selama perform gw tunggu improvisasi dan nada2 tinggi untuk klimaksnya, tapi ternyata sampe akhir lagu gak muncul2. Still, a very good performance.

Patton juga berkolaborasi dgn Yovie & Nuno di lagu "Bunga Jiwaku". Harmonisasi yang bagus & performance yang enjoyable, walaupun gak ada yang special. Tapi suara Patton tetep enak didenger dan membuktikan kalau Patton bisa duet sama siapa aja, baik penyanyi solo maupun band.

Nah, duet berikutnya ini nih, gak kalah mautnya sama duet Patton - Angel dan Patton - Rio Febrian (baca post sebelumnya). Patton menyanyikan lagi lagu yang jadi performance terbaiknya, "Menghujam Jantungku", tapi kali ini duet dengan sang pencipta lagu sekaligus penyanyi aslinya, yaitu siapa lagi kalo bukan Tompi.

Hasilnya? Seperti yang gw bilang tadi : DAHSYAT!!! Patton bisa aja gitu mengimbangin improvisasi ala Jazz-nya Tompi. Dan sekali lagi falsettonya bikin kita geleng2 kepala. Keluar dari mana suara setinggi itu... hehe... Pokoknya keren abissss!



Gimana? Udah kayak nonton Java Jazz Festival aja kan? Kayaknya bisa tuh Patton ikutan kemaren. Duet sama Brian McKnight mungkin? Atau nggak sama Glenn Fredly deh. Pasti keren! Ngomong2 soal Glenn, Patton emang sempet duet sebentar sama dia nyanyi "Kasih Putih" di Grand Final kemaren.

Jadi ceritanya Patton ngefans sama Glenn dan disuruh Kak Okky ngasih sesuatu buat Glenn yang (katanya) mungkin lagi nonton di rumah. So, Patton nyanyi "Kasih Putih". Eh, tak dinyana tak diduga, muncul Glenn dari belakang panggung ikutan nyanyi.

Well, sebenernya udah ketebak sih, Glenn bakal beneran dateng. Tapi keliatannya Patton kaget, sampe dia nangis terharu gitu. Lucu bgt... (Jahat ya? Orang nangis dibilang lucu... hehehe). Terus Glenn ngomong soal pentingnya regenerasi penyanyi demi kemajuan musik Indonesia. Nih videonya :



Kayaknya Glenn suka banget ngasih speech ya? Waktu gw nonton dia di Java Jazz, setengahnya nyanyi, setengah lagi pidato soal musik Indonesia. Hahaha..... Oops... jadi ngelantur kemana-mana. Back to Patton!

Selain duet dengan penyanyi2 dan Band2 terkenal, Patton & Debo juga nyanyi bareng Kiki (juara Idola Cilik 1) & Angel (runner-up Idola Cilik 1). Patton & Debo nyanyi lagu "Kucinta Kau Apa Adanya" bareng Kiki, yang menurut gw kolaborasinya kurang spektakuler.

Mungkin karena Kiki udah mulai puber kali ya, jadinya suaranya sedikit berubah walaupun tetep enak. Dan kayaknya ada masalah mic juga (RCTI gimana sih?). Untung vokal powerful Patton di reff banyak membantu performance ini.

Kolaborasi Patton & Debo dengan Angel lebih solid. Mungkin karena lagunya juga (mereka nyanyi "Misteri Ilahi"-nya Ari Lasso), jadi performancenya lebih fun & energetic. Grand Final juga diramaikan kolaborasi antara bintang tamu (Yovie & Nuno dan Project Pop) dan anak2 Idola Cilik 2. Lumayan buat yang kangen sama kontestan2 yang udah keluar di babak2 sebelumnya.

Last but not least, acara ditutup oleh duet Patton & Debo dengan lagu "When You Believe". Sebelumnya gw agak khawatir Debo bisa mengimbagii Patton apa nggak. Well, untuk beberapa bagian, Debo berhasil, tapi untuk beberapa lainnya Patton masih mendominasi. Apalagi falsettonya di akhir lagu :



Gilaaaaaaaaa.... falsetto yg terakhir itu bikin merinding diskoooo!!! Itu bagiannya Mariah Carey kan? Bisa loh dia nyampe ke nada itu.... ck ck ck... Emang hebat bgt dah nih anak... Pokoknya dia harus menang.

Tapi sayangnya hasil perolehan SMS sementara, Debo lebih tinggi tuh sekarang... hu hu hu... Padahal gw udah ikutan SMS lho! Seumur2 belom pernah gw ikutan nge-vote buat acara2 kayak gini di Indonesia. Tapi gw rela nyumbangin pulsa gw buat dia... (kemakan deh gw sama umpannya RCTI hehehe..)

Kita liat aja hasilnya Sabtu ini. Moga2 Indonesia memilih dengan benar dan Patton yang menang... Amiiiin....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar